SAVAGAS

I Write, You Read.

Sunday, March 13, 2016

PENASARAN TAHAP PERANCANGAN SEBUAH GAME? BEGINILAH KEGIATAN DEVELOPER!

Kali ini saya sebagai Penulis sekaligus Developer pemula akan sharing tentang pembuatan game. Apakah merancang game itu sulit? Tingkat kesulitan membuat game itu relatif, tergantung pada jenis game apa yang akan dirancang. 


Menurut pengalaman Penulis, merancang sebuah game yang sangat sederhana seperti menggerakkan karakter menghindari benda-benda yang berjatuhan saja membutuhkan waktu hingga 1 minggu bahkan lebih, karena adanya proses Desain dan Koding. Jadi, suatu perancangan game itu tidaklah sulit dan tidak juga mudah, tetapi membutuhkan proses bertahap dan waktu yang cukup panjang.

Berikut tahap-tahap perancangan sebuah game yang telah Penulis rangkum secara singkat :

1. Pembuatan Konsep Dasar Game

Tahap ini merupakan tahap awal bagi Developer untuk membuat atau merancang ide dan elemen dasar pada game yang akan dibuat. Misalnya pembuatan game yang bergenre Horror, Bagaimanakah cerita atau jalan cerita game tersebut, bagaimana misi-misi yang harus diselesaikan pemain.

Bagaimana langkah awal membuat konsep sebuah Game? Tentu saja tidak sulit, jika Anda tidak memiliki ide konsep atau cerita, Anda bisa melakukan survei sederhana atau melihat kondisi tren game-game sekarang, dan mulai dari poin tersebut, Anda dapat membuat konsep sebuah game. Tetapi bukan berarti Anda harus meniru konsep game lain, tentu saja Anda bisa membuat konsep yang lebih menarik dan berbeda dari yang lain.

2. Penentuan Gameplay

Gameplay dimaksudkan cara pemain bermain game yang Anda buat atau aturan main sebuah game. Misalnya game Warcraft dan Starcraft merupakan RPG, Counter Strike dan Call of Duty merupakan First Person Shooter, serta Grand Theft Auto merupakan Third Person.


First Person Shooter

Third Person Gameplay
Menentukan Gameplay sebuah game tidak mudah dilakukan, karena hal ini juga menentukan tingkat kepuasan pemain.

3. Perancangan Grafis

Tahap ini menentukan bentuk fisik game, mulai dari perancangan karakter, musuh, bangunan dan benda-benda lainnya yang dibuat dalam bentuk 2D atau 3D. Umumnya tahap ini juga menentukan game tersebut menarik atau tidak.


Flappy Bird

Grand Theft Auto V
Bentuk 2D maksudnya adalah perancangan game dimuat pada penglihatan 1 sisi saja, seperti Flappy Bird yang hanya dapat dilihat dari 1 sisi. Sedangkan 3D adalah bentuk visual yang dapat dilihat dari berbagai sisi, yaitu dapat dilihat dari sudut pandang Atas-Bawah-Kiri-Kanan-Depan-Belakang, contohnya game Grand Theft Auto V.

The Walking Dead

Namun perancangan grafis tidak hanya meliputi visual 2D/3D saja. Tetapi juga perancangan bentuk texturenya juga, misalnya game yang berbasis 2D tetapi texture atau warnanya dari pembuatan Bitmap, seperti game buatan saya Shocked Syndrome. Kemudian ada juga perancangan visual 3D tetapi dominan texturenya adalah Vector, seperti game The Walking Dead yang bentuk warnanya menyerupai kartun 3 dimensi.

4. Perancangan Inti

Tahap ini merupakan proses pembuatan ide game yang telah dibuat sebelumnya dan dikemas untuk proses pembuatan mulai dari pembuatan karakter, musik, menu, algoritma permainan, koding dan lain sebagainya. Menurut pengalaman saya, dalam tahap Perancangan Inti membutuhkan waktu sekitar 2 minggu, seperti game Shocked Syndrome.

5. Compile atau Testing

Tahap ini merupakan tahap menjalankan game yang telah dirancang pada Perancangan Inti, apabila masih terjadi kesalahan atau bug, maka berlanjut pada tahap perbaikan. Umumnya kesalahan terjadi pada koding.

6. Publish

Tahap akhir ini dapat dilakukan, jika pada tahap Testing berhasil.

Kemudian apakah segala tahap tersebut dapat dilakukan secara sendirian untuk perancangan sebuah Game?

Tentu saja bisa! Tetapi membutuhkan waktu yang lama, terlebih lagi konsepnya yang sangat kompleks, pasti membutuhkan waktu yang sangat lama. Untuk itu, alangkah baiknya bagi Anda yang ingin menjadi Developer atau mencoba merancang sebuah game, bentuklah sebuah Tim yang terdiri dari 3 hingga 5 orang. Sehingga, setiap anggota mendapatkan tugas masing-masing, misalnya bagian Design, Sound, Directing, dan Coding.

No comments:

Post a Comment