SAVAGAS

I Write, You Read.

Thursday, September 29, 2016

PERNAH DENGAR KATA PERANG HARGA? KALAU PERANG MINYAK?


Postingan ini berkaitan dengan Ekonomi. Bicara soal harga, sama saja membicarakan soal nilai atau value, yang tentunya suatu nilai tukar yang bisa disamakan dengan uang atau barang sebagai manfaat yang diperoleh dari suatu barang atau jasa pada seseorang.

Bagaimana dengan Perang Harga?

Perang Harga dimaksudkan sebagai penurunan harga produk/jasa dengan salah satu alasan, yakni adanya permintaan yang berkurang. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pendapatan pada jangka waktu tertentu dengan catatan sebagai strategi mendapatkan pangsa pasar.

Perang Harga dapat disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu :

1. Permintaan yang berkurang

Ini merupakan salah satu alasan mengapa terjadi perang harga. Jumlah permintaan yang berkurang menyebabkan stok/inventori tidak berkurang, maka untuk mengurangi stok, perlu menurunkan harga agar menarik perhatian pembeli.

2. Persaingan antar penjual

Dikarenakan jumlah pesaing yang banyak, maka terjadilah saling menurunkan harga untuk menarik minat pembeli.

3. Popularitas

Hal ini untuk meningkatkan popularitas pasar, soal tampilan tidak cukup dijadikan sebagai keunikan pasar, tetapi harga juga berperan dalam hal ini, sehingga minat pembeli ada pada pasar tersebut.

Bagaimana dengan Perang Minyak?


Sebenarnya lebih tepatnya adalah perang harga minyak.

Contoh perang harga pada harga minyak di dunia adalah berita mengenai ekonomi yang masih hot-hot di tahun 2016 ini adalah perang minyak di dunia, singkatnya kerja sama antara US dan Saudi Arabia dalam menekan harga minyak, dan dikarenakan pencabutan sanksi ekonomi Barat terhadap Iran, membuat Iran akan mengalami penghasilan lebih, tentunya hal ini menjadi ancaman besar terhadap Saudi Arabia.

No comments:

Post a Comment