SAVAGAS

I Write, You Read.

Sunday, September 7, 2014

BANYAK YANG BERTANYA-TANYA APA ITU RAM DAN VGA?

RAM dan VGA itu saudaraan. Mereka merupakan sebuah memori yang bekerja pada laptop untuk menambah kinerja laptop menjadi lancar. Banyak orang bertanya RAM dan VGA apakah penting? Khususnya dalam menjalankan sebuah game.

Random Access Memory (RAM)


RAM dirancang sebagai penunjang kinerja komputer yang bersifat Temporary Memory. Sifatnya sementara, karena RAM difungsikan sebagai tempat proses data-data yang disimpan secara sementara. RAM disebut penting, karena tanpa RAM, pengguna tidak dapat menyimpan data, menjalankan game berat, proses kinerja komputer jadi lambat, dan sebagainya.

RAM Pada Games

Kebiasaan pengguna memaksakan untuk menjalankan game berat pada RAM yang minimum sangat berbahaya. Agar dapat menjalankan game dengan lancar dalam proses loading atau saving, pengguna memerlukan volume RAM yang besar, sekitar 2GB - 4GB.

RAM Pada Program

Selain dari proses gaming, RAM juga penting pada pemakaian program-program yang berat, seperti program desain grafis. Program desain grafis tentunya membutuhkan kinerja yang sempurna, karena namanya juga grafis, texture, animation, 3D graphic, particles tentunya diproses oleh RAM saat menyimpan sebuah file.

Video Graphic Adapter (VGA)


VGA dapat dikatakan sebagai memori terpenting dalam komputer, kata gamer. VGA bisa dikatakan sebagai memori grafik utama, memproses grafik yang dimuat terutama saat menjalankan game. Untuk menjalankan sebuah game dengan lancar tanpa gerakan yang patah-patah, sangat diperlukan barang ini. VGA memproses kinerja grafis agar tampak lebih bagus, dan memproses gerakan video.

Pada jaman sekarang, perkembangan games semakin meningkat, sehingga memori yang dibutuhkan pun semakin banyak, bagi yang ingin sekali bermain game-game yang tentunya berat, sangat diperlukan volume VGA sekitar 1GB - 2GB. Secara dominan, VGA lebih difokuskan sebagai syarat untuk menjalankan games.

Cara Mengetahui Volume RAM dan VGA:

RAM: Klik kanan pada Icon 'My Computer', kemudian pilih 'Properties'. Lihat pada bagian System, tertera Installed memory (RAM).


VGA: Klik kanan pada Desktop, pilih 'Screen resolution', lalu klik 'Advanced settings' dan pilih tab 'Adapter'. Terdapat Dedicated Video Memory sejumlah sekian menunjukkan volume VGA.


No comments:

Post a Comment