SAVAGAS

I Write, You Read.

Saturday, March 14, 2015

UNIKNYA POLA PIKIR ORANG ASIA DAN ORANG AMERIKA

Manusia telah diciptakan dengan sifat yang berbeda-beda, artinya unik. Namun, ketahuilah bahwa sifat dan sikap yang dimiliki dapat berubah begitu saja karena adanya pengaruh, baik dari dalam ataupun dari luar. Berikut secara singkat ketahuilah pola pikir yang dimiliki oleh orang-orang Asia dan Amerika:

Kekayaan dan Usaha Keras

Pada umumnya orang berpendapat bahwa, semakin bekerja keras, maka semakin dapat banyak penghasilan. Memang benar pendapat itu, namun kebanyakan pandangan orang Asia dan Amerika pada dasarnya berbanding terbalik. Ukuran sukses orang Asia kebanyakan berpandangan pada seberapa banyak materi yang didapatkan sehingga dapat menaikkan prestise atau gengsi semata, namun berbeda dengan orang Amerika yang justru menganggap bahwa materi/kekayaan yang didapat bukan sebagai tolak ukur suatu kesuksesan, melainkan cara atau usaha yang dilakukan untuk mengubah sesuatu menjadi lebih baik (inovasi).
Tambahan lagi, mengapa orang Asia lebih cenderung menganggap bahwa kekayaan lebih penting daripada cara mendapatkannya? Jawabannya tidak perlu dijelaskan panjang lebar, lihat saja tingkat korupsi di negara-negara Asia tinggi, salah satunya Indonesia.

Pendidikan

Mungkin Anda tahu istilah “Jack of all trades, but master of none” yang terkenal dan berarti hanya mengetahui sedikit tentang banyak hal, tetapi tidak menguasai satu pun. Buktinya bisa dilihat kebanyakan anak-anak muda dari Asia yang sering menjadi pemenang dalam ajang olimpiade fisika, kimia dan biologi, tetapi jarang mendapatkan nobel. Hal ini disebabkan oleh sistem pendidikan di Asia yang cenderung mengarah pada hafalan dan tidak menciptakan personal yang kreatif.
Penyebab tidak adanya sifat kreatif adalah rasa penasaran. Pandang buruk orang Asia menganggap bahwa orang yang banyak bertanya adalah orang bodoh. Sementara berbeda dengan orang Amerika yang menganggap banyak bertanya merupakan adanya rasa penasaran yang tinggi. Demikian juga orang yang memiliki rasa penasaran adalah orang yang eksploratif, kreatif dan inovaif.
Orang Asia disebut “penakut” karena pribadi yang takut akan kalah atau salah. Berbeda dengan orang Amerika yang memiliki sifat eksploratif, berani mengambil risiko. Orang Amerika berani dalam mengambil keputusan walaupun risiko yang besar, karena mereka mampu mempertanggungjawabkan setiap konsekuensinya.

Kritik

Pada hal dalam kritik dan dikritik tentu membawa pandangan yang berbeda pada diri orang masing-masing. Kebanyakan orang Asia tidak suka dikritik, apalagi jika junior atau usia lebih muda yang mengkritik senior. Alasannya, jabatannya rendah dan tidak berpengalaman. Jika pandangan orang Amerika menganggap bahwa kritik dapat membangun mereka, walaupun kritik yang sifatnya negatif.

Persoalan Personal

Ketahuilah bahwa orang Amerika lebih mengarah pada personal yang cerdik, sementara orang Asia mengarah pada personal yang cerdas. Tetapi, seringkali orang yang memiliki kecerdasan lebih sukar mengatasi persoalan dibandingkan orang cerdik.

Motivasi dan Kesombongan

Orang Asia menganggap bahwa motivasi diri merupakan hal yang buruk. Namun, hal ini tidak mengarah atau mengaitkan bidang motivator. Motivasi diri yang dimaksud adalah selalu mengaitkan dengan kesombongan pribadi semata, seperti seorang yang mengatakan bahwa “Saya adalah orang yang sukses.” Pernyataan ini dianggap yang menyombongkan diri. Bisa dilihat saja di Indonesia, banyak yang merendah diri. Sementara orang Amerika menganggap bahwa motivasi diri menjadikan pacut yang memacu personal untuk menjadi pernyataan positif yang diungkapkan.

Persoalan Manajemen dan Konsep Diri Sendiri

Orang Asia jarang ditemukan seperti ini, sementara orang Amerika sangat ahli, karena mereka bisa mengatur diri mereka sendiri dan memahami personal/pribadi mereka masing-masing. Apa yang mereka inginkan dan dicapai.
Kesimpulan dari paparan di atas adalah pola pikir manusia merupakan hal yang dapat mempengaruhi pribadi manusia masing-masing. Bagi yang buruk, segera perbaiki, dan bagi yang baik baik, dapat dijadikan contoh. Pada paparan tentang pola pikir orang Asia dan Amerika, wajar orang Amerika disebut sebagai orang-orang yang beredukasi, kelas tinggi dan memiliki integritas tinggi dibandingkan bangsa lain, itulah mengapa para manager perusahaan lebih memilih memperkerjakan karyawan berwarganegara Amerika atau kawasan Eropa.
Tag: Pola pikir orang asia, orang amerika, ciri amerika, pola pikir amerika, orang asia, orang amerika lihai, orang amerika pintar, orang asia cerdas, perbedaan orang amerika, perbedaan orang asia, perbedaan amerika dan asia, perbedaan orang amerika asia, amerika asia, amerika vs asia, uniknya orang amerika, uniknya orang asia, orang asia pandai, mengapa, apa, apa orang amerika, keunikkan amerika, unik asia, unik orang asia, unik orang amerika, amerika, asia.

No comments:

Post a Comment