SAVAGAS

I Write, You Read.

Wednesday, March 23, 2016

KEBERHASILAN PT GARUDA INDONESIA MENERAPKAN ENTERPRISE RESOURCE PLANNING

PT. Garuda Indonesia, Tbk., bergerak di industri penerbangan dan merupakan maskapai penerbangan Indonesia yang telah mengoperasikan 82 armada untuk melayani 33 rute domestik dan 18 rute internasional.
Dalam pergerakan bisnis yang serba cepat, terutama pada industri penerbangan, sebuah bisnis apabila tidak mampu melakukan perubahan dan menyesuaikan secara terus menerus, kemungkinan besar akan runtuh dalam waktu cepat, maka di sinilah peran sistem ERP dibutuhkan.

Keberhasilan Garuda Indonesia setelah menerapkan Enterprise Resource Planning

Awalnya karena adanya dorongan dari kompetitor, yaitu PT Luthansa Airlines yang telah berhasil menggunakan SAP, tentunya membutuhkan biaya yang besar, tetapi demi kualitas pelayanan dan kinerja perusahaan, maka PT Garuda Indonesia pun turut menerapkan ERP dalam mengembangkan perusahaannya.

Dengan penerapan ERP, yaitu SAP dalam sistem perusahaannya, kebutuhan data dan informasi dapat terintegrasi pada semua bagian secara efektif dan efisien. Selain itu, dalam proses pengelolaan informasi (input, store, update) setiap saat, setiap orang mudah mendapatkan informasi terbaru dan dapat melakukan analisis dengan mudah.

Seperti kasus yang pernah terjadi pada tahun 2000, PT Garuda Indonesia mengalami kendala dalam pertukaran data pada bagian keuangan, sehingga data yang didapat tidak akurat. Dengan penerapan ERP, pertukaran data yang dilakukan menjadi efektif dan efisien, karena adanya kemudahan dalam memonitor transaksi yang berlangsung dan memudahkan karyawan untuk bekerja.

Keuntungan yang didapat oleh PT Garuda Indonesia dalam penerapan Enterprise Resource Planning

Dengan adanya ERP, kini PT Garuda Indonesia telah menghubungkan dan mengsinkronisasikan tiap divisi, sehingga mengurangi redudansi data, juga pelaporan pekerjaan yang mudah dari  divisi satu dan lainnya.
Source: Google.com

Proses bisnis yang dijalankan pun mudah, mulai dari proses pemesanan tiket oleh Konsumen pada bagian penjualan, kemudian memasukkan data tersebut ke dalam sistem Database, yang kemudian menghasilkan informasi berupa tampilan laporan penjualan pada bagian keuangan.

Manfaat yang didapat oleh PT Garuda Indonesia :
  • PT Garuda Indonesia telah menggunakan banyak modul untuk mempermudah fungsi bisnis perusahaan, seperti :
    1. Sales & Distribution : meningkatkan efisiensi proses sales, shipping, billing.
    2. Materials Management : membantu proses pengelolaan Inventory.
    3. Production Planning : membantu proses perencanaan dan kontrol manufaktur.
    4. Quality Management : membantu pemeriksaan kualitas rantai logistik.
  • Sistem ERP terbukti membantu dalam mengoptimalkan pertukaran data dengan efektif dan efisien.

Demikian postingan ini saya tulis untuk memenuhi tugas mata kuliah Enterprise Resource Planning, maaf jika terdapat kesalahan. Terima kasih!
IDENTITAS MAHASISWA
NAMA   
TERRY ADMAJA
NIM
141102828
KELAS
4/A4

No comments:

Post a Comment