SAVAGAS

I Write, You Read.

Thursday, December 1, 2016

TOYOTA’S BEST-COST PROVIDER STRATEGY FOR ITS LEXUS LINE


Perusahaan Toyota Motor secara luas dikenal sebagai penyedia yang murah di antara manufaktur kendaraan bermotor di dunia. Meskipun menekan pada kualitas produk, Toyota telah mencapai kepemimpinan murah karena telah mengembangkan keterampilan yang cukup handal dalam manajemen rantai pasokan yang efisien dan kemampuan perakitan yang murah, dan karena model itu diposisikan di antara rendah ke menengah akhir spektrum harga , di mana volume tinggi produksi kondusif terhadap model Lexus baru untuk bersaing di pasar mobil mewah, mempekerjakan strategi penyedia klasik yang paling murah. Toyota mengambil empat langkah dalam kerajinan dan menerapkan strategi Lexusnya:
  • Merancang sebuah array dari karakteristik performa yang tinggi dan fitur kelas atas ke dalam model Lexus sehingga membuat mereka sebanding dalam kinerja dan kemewahan untuk model high-end lainnya dan menarik untuk Mercedes, BMW, Audi, Jaguar Cadillac, dan pembeli Lincoln. 
  • Mentransfer kemampuannya dalam membuat model Toyota berkualitas tinggi dengan biaya rendah untuk membuat model Lexus berkualitas premium dengan biaya di bawah pembuat mobil mewah lainnya. Kemampuan rantai pasokan Toyota dan dengan pengetahuan perakitan murah memungkinkan untuk menggabungkan fitur kinerja tinggi dan kualitas kelas atas ke dalam model Lexus dengan biaya substansial kurang dari model sekelas Mercedes dan BMW. 
  • Menggunakan biaya produksi yang relatif rendah untuk menjual lebih murah dibandingkan model Mercedes dan BMW. Toyota percaya bahwa dengan keuntungan biaya dari rendahnya harga mobil Lexus dapat menarik pembeli menjauh dari Mercedes dan BMW. Kebijakan harga Toyota juga memungkinkan untuk menginduksi Toyota, Honda, Ford, atau pemilik GM untuk menginginkan lebih mewah untuk beralih ke Lexus. Keuntungan harga Lexus atas Mercedes dan BMW kadang-kadang cukup signifikan. Misalnya, pada tahun 2008 Lexus RX 350, sebuah SUV ukuran menengah, membawa harga stiker di kisaran$ 37,000- $ 48,000 (tergantung pada bagaimana itu dilengkapi), sedangkan berbagai jenis Mercedes ML 350 SUV memiliki tag harga di kisaran $ 42,000- $ 85,000 dan BMW X5 SUV bisa berkisar dari $ 46.000 sampai $ 75.000 tergantung pada peralatan opsional yang dipilih. 
  • Membangun jaringan baru dari dealer Lexus, terpisah dari dealer Toyota, yang didedikasikan untuk menyediakan sebuah tingkat personalisasi, layanan pelanggan perhatian yang tak tertandingi dalam industri.
Strategi penyedia dengan harga terbaik oleh Lexus memungkinkannya untuk menjadi penjual nomor satu merek mobil mewah di seluruh dunia pada tahun 2000, penghargaan yang diselenggarakan pada 2007 dan mungkin untuk terus mempertahankannya.

QUESTION & ANSWER

1. Buatlah Deskripsi Produk dari Studi Kasus ini!
Lexus RX 350 lahir pada tahun 2003, terus mengalami perkembangan hingga tahun 2009, dimana Lexus RX 350 terbaru selesai dirampungkan. Dikenal sebagai kendaraan SUV dengan fitur yang lengkap dan mewah. Mobil tersebut dihargai sekitar Rp 1 miliar pada waktu itu. Mesin Lexus RX 350 mengandalkan 3500 cc dengan 6 silinder DOHC dan VVT-i. Tenaga yang mampu dihasilkan 277 hp pada 6200 rpm. Bertransmisi otomatis dengan 6 percepatan. Pada system keamanan tersedia airbag pada 10 titik, rem ABS, serta Vehicle Dynamics Intregrated Management untuk memudahkan pengendalian mobil ini. Spesifikasi antara lain, bodi yang gagah, elegan, mewah, serta sporti. Interiornya, kabin yang lega, AC, penghangat dan pengatur sudut jok, audio system, sunroof serta system navigasi yang canggih.
2. Buatlah Analisa Kompetitif dari Studi Kasus ini!
BMW, Seri 1 yang diluncurkan tahun 2004 adalah mobil BMW yang paling kecil, tersedia dalam 2 model yaitu koupe/konvertibel (E82/E88) dan hatchback (E81/E87). Seri 3 masuk dalam mobil kompak eksekutif, mulai diproduksi tahun 1975, sekarang memasuki generasi kelima dari (BMW E90); model-model yang tersedia antara lain sedan sport (E90), station wagon (E91), koupe (E92), dan konvertibel (E93). Seri 5 adalah sedan eksekutif mid-size, tersedia dalam versi sedan (E60) dan station wagon (E61). Seri 5 Gran Turismo (F07) yang dimulai mulai tahun 2010, akan mengisi segmen di antara mobil kelas station wagon dan crossover SUV. Jajaran mobil teratas BMW adalah sedan full-size eksekutif Seri 7. BMW juga banyak memperkenalkan teknologi barunya di BMW Seri 7 ini, seperti sistem iDrive. Seri 7 Hidrogen juga termasuk dalam salah satu mobil berbahan bakar hidrogen pertama di dunia, emisinya hanya berupa uap air. Ada juga Seri 6 adalah mobil mewah kelas grand touring. Mobil roadster dan coupe 2 pintu Z4 (E85) sudah dijual sejak tahun 2002. X3 (E83), mobil crossover SUV pertama BMW, memulai debutnya pada tahun 2003 dan menggunakan platform Seri 3 E46/16. Menggunakan sistem penggerak 4 roda BMW yang mereka namakan BMW's xDrive all-wheel drive. SUV lainnya, X5 (E70), dijual sejak tahun 2000. X6 dijual mulai Desember 2007 dan X1 mulai dijual tahun 2009.
Mercedes, antara tahun 2003 dan 2009, Mercedes-Benz memproduksi mobil sport dalam jumlah terbatas bersama dengan McLaren Automotive. Proyek ini merupakan bentuk kolaborasi tambahan setelah mereka bekerja sama di Formula Satu yang sebagian saham timnya dimiliki Mercedes. Mercedes-Benz SLR McLaren memiliki bodi carbon fibre dengan mesin V8 5.4L dengan supercharger. Mesin ini menggunakan silinder blok yang sama dengan SL55 AMG dan CLS55 AMG, meskipun dimodifikasi sehingga mampu mengeluarkan tenaga maksimal 460 kW (625 PS; 617 bhp) dengan torsi 780 N·m (575 ft·lbf). SLR McLaren mempunyai kecepatan maksimum sekitar 337 km/jam.

3. Buatlah Analisa Pasar dari Studi Kasus ini

Ukuran keluarga :
2  : x

4+1 : v

5+2 : v

Umur :
0-10 : x

10-20 : x

20-30 : v

30-40 : v

40-50: v

50-dst :v


4. Buatlah Analisa Industri dari Studi Kasus ini
Merancang sebuah array dari karakteristik performa yang tinggi dan fitur kelas atas ke dalam model Lexus sehingga membuat mereka sebanding dengan kinerja dan kemewahan untuk model high-end lainnya dan menarik untuk Mercedes, BMW, Audi, Jaguar Cadillac, dan pembeli Lincoln.
Mentransfer kemampuannya dalam membuat model Toyota berkualitas tinggi dengan biaya rendah untuk membuat model Lexus berkualitas premium dengan biaya di bawah pembuat mobil mewah lainnya. Kemampuan rantai pasokan Toyota dan dengan pengetahuan perakitan murah memungkinkan untuk menggabungkan fitur kinerja tinggi dan kualitas kelas atas ke dalam model Lexus dengan biaya substansial kurang dari model sekelas Mercedes dan BMW.
Membangun jaringan baru dari dealer Lexus, terpisah dari dealer Toyota, yang didedikasikan untuk menyediakan sebiah tingkat personalisasi, layanan pelanggan perhatian yang tak tertandingi dalam industri.

5. Buatlah Rencana Pemasaran dari Studi Kasus ini
Pemasaran dapat dilakukan melalui iklan, seperti pada iklan televisi, iklan pada radio atau dari brosur. Atau dengan bantuan internet yang saat ini sedang marak digunakan oleh masyarakat. Contoh pemasaran yang tepat untuk produk ini adalah dengan Youtube. Detail produk dapat disampaikan dalam video youtube dimana saat ini youtube dapat dikatakan sebagai pengganti iklan televisi.

6. Buatlah Ringkasan Eksekutif dari Studi Kasus ini (Executive Summary)

Berdasarkan studi kasus diatas, keputusan Toyota merancang model Lexus sangat tepat untuk perkembangan usahanya. Toyota telah mencapai kepemimpinan murah karena telah mengembangkan keterampilan yang cukup handal dalam manajemen rantai pasokan yang efisien dan kemampuan perakitan yang murah.
Toyota mengambil empat langkah dalam kerajinan dan menerapkan strategi Lexusnya:
· Merancang sebuah array dari karakteristik performa yang tinggi dan fitur kelas atas ke dalam model Lexus
· Mentransfer kemampuannya dalam membuat model Toyota berkualitas tinggi dengan biaya rendah untuk membuat model Lexus berkualitas premium dengan biaya di bawah pembuat mobil mewah lainnya
· Menggunakan biaya produksi yang relatif rendah untuk menjual lebih murah dibandingkan model Mercedes dan BMW

7. Menurut kelompok Anda, apakah si Toyota dengan Produk nya Lexus akan berhasil atau tidak ?         Jelaskan Analisa anda berdasarkan fakta-fakta yang ada
Ya. Karena produk Lexus diproduksi dengan biaya yang terbilang cukup rendah, tetapi juga mempunyai fitur yang sebanding dengan mobil mewah lainnya. Ditambah lagi dengan biaya penjualan yang rendah. Toyota percaya bahwa dengan keuntungan biaya dari rendahnya harga mobil Lexus dapat menarik pembeli menjauh dari Mercedes dan BMW. Kebijakan harga Toyota juga memungkinkan untuk menginduksi Toyota, Honda, Ford, atau pemilik GM untuk menginginkan lebih mewah untuk beralih ke Lexus. Keuntungan harga Lexus atas Mercedes dan BMW kadang-kadang cukup signifikan. Misalnya, pada tahun 2008 Lexus RX 350, sebuah SUV ukuran menengah, membawa harga stiker di kisaran$ 37,000- $ 48,000 (tergantung pada bagaimana itu dilengkapi), sedangkan berbagai jenis Mercedes ML 350 SUV memiliki tag harga di kisaran $ 42,000- $ 85,000 dan BMW X5 SUV bisa berkisar dari $ 46.000 sampai $ 75.000 tergantung pada peralatan opsional yang dipilih.

No comments:

Post a Comment