SAVAGAS

I Write, You Read.

Thursday, May 11, 2017

PERMINTAAN PERAMALAN DALAM SUPPLY CHAIN - CHAPTER 7


Peran Peramalan dalam Supply Chain :
- Sebagai dasar untuk semua keputusan perencanaan dalam rantai pasokan.
- Digunakan untuk push dan pull proses, yaitu: penjadwalan produksi, persediaan, perencanaan agregat.
- Alokasi tenaga penjualan, promosi, pengenalan produksi baru.
- investasi dan anggaran
- Perencanaan tenaga kerja, PHK.

Karakteristik Prakiraan
1. Prakiraan selalu tidak akurat dan dengan demikian harus mencakup nilai yang diharapkan dari
    perkiraan dan ukuran kesalahan peramalan
2. Prakiraan jangka panjang biasanya kurang akurat dibandingkan perkiraan jangka pendek
3. Perkiraan agregat biasanya lebih akurat daripada perkiraan disagregat
4. Secara umum, lebih jauh ke rantai pasokan sebuah perusahaan, semakin besar distorsi informasi
    yang diterimanya

Komponen dan Metode
1. Kualitatif
2. Time Series
3. Kausal
4. Simulasi 

Metode Peramalan Time-Series
PERKALIAN
S = Tingkat x tren x faktor musiman

BAHAN TAMBAHAN
S = Tingkat + trend + faktor musiman

CAMPUR ADUK
S = (Tingkat + trend) x faktor musiman

Peramalan Adaptif
Contoh perhitungan :
- Perkiraan tingkat, tren, dan musiman disesuaikan setelah masing-masing pengamatan permintaan.
- Perkiraan menggabungkan semua data baru yang diamati.

Moving Average
- Digunakan ketika permintaan tidak memiliki tren diamati atau musiman

Tahoe Salt
Peramalan permintaan di Tahoe Salt :
  1. Rata-rata bergerak 
  2. Pemulusan eksponensial sederhana 
  3. Trend-dikoreksi pemulusan eksponensial 
  4. Kecenderungan dan musiman-dikoreksi pemulusan eksponensial

Peran TI dalam Peramalan
- Peramalan modul inti perangkat lunak rantai pasokan
- Dapat digunakan untuk menentukan metode terbaik peramalan bagi perusahaan dan oleh kategori
   produk dan pasar
- Real time perusahaan update bantuan merespon dengan cepat perubahan di pasar 
- Memudahkan perencanaan kebutuhan

Manajemen Resiko
1. Kesalahan dalam peramalan dapat menyebabkan misalokasi signifikan sumber daya dalam
    persediaan, fasilitas, transportasi, sourcing, harga, dan manajemen informasi
2. Faktor umum adalah waktu yang lama memimpin, musiman, siklus hidup produk pendek, beberapa
    pelanggan dan permintaan kental, dan ketika order yang dilakukan oleh perantara dalam rantai
    pasokan
3. Strategi mitigasi - meningkatkan respon dari rantai pasokan dan memanfaatkan peluang untuk
    penyatuan permintaan

Peramalan dalam Praktek
- Berkolaborasi dalam perkiraan bangunan
- Bagi hanya data yang benar-benar memberikan nilai
- Pastikan untuk membedakan antara permintaan dan penjualan

No comments:

Post a Comment